Nov 15, 2013

The Road to Horror


Pernah denger tentang Halloween Horror Nights?

Setiap bulan Oktober—bulannya Halloween—theme park Universal Studios mengadakan event, namanya Halloween Horror Nights. Supaya nggak rempes, kita sebut sebagai HHN aja, ya.

Kapan?
Ya, itu tadi. Selama bulan Oktober, setiap taun. Nggak setiap hari, sih, biasanya cuma pas wiken (Jumat, Sabtu, Minggu) sepanjang bulan aja.

Dimana?
Di semua cabang theme park Universal Studios – Hollywood, Orlando, Osaka, dan Singapore.


 

 Berbagai promotional posters untuk Halloween Horror Nights di Orlando, Hollywood, dan Singapore, from various years

Event-nya kayak gimana, sih?
Satu kata: SPEKTAKULER!

Jadi gini. Sepanjang siang, Universal Studios beroperasi seperti biasa. Wahana buka seperti biasa, pengunjung datang seperti biasa. Ya normal aja, lah.

Menjelang malam, Universal Studios ditutup sementara, dan theme park segede-gede gaban gitu dirombak menjadi sebuah theme park horor raksasa. Niaaaat!

Jadi, untuk HHN, Universal Studios mendirikan sejumlah rumah hantu temporer, tersebar di seluruh penjuru theme park. Rumah hantunya tuh yang tipe walkthrough, alias jalan sendiri, ala-ala rumah hantu yang suka ada di Blok M. Tapi tentunya di level yang lebih canggih dong, ya.

Istilahnya HHN, sih, bukan haunted house alias rumah hantu. Mereka nyebutnya trails atau maze, karena interior rumah hantunya memang berliku-liku seperti labirin atau maze. Tapi kita nyebutnya ruhan (rumah hantu) aja deh, ya?



Selain ruhan, Universal Studios juga merombak beberapa area menjadi kawasan-kawasan yang ngeriiiii banget. Kawasan-kawasan tersebut didekor sesuai tema yang sudah ditentukan (hutan, kota mati yang digerayangi zombie, ground zero tempat pesawat alien mendarat, desa vampir, dll), dan aktor-aktor hantu pada berkeliaran disitu. Area ini disebut scarezone.

Di HHN, ada beberapa scarezones berlokasi di berbagai titik, dan seperti yang udah disinggung, scarezones ini temanya berbeda-beda. Hutan kuntilanak? Bisaaa. The Walking Dead alias kawasan zombie? Bisaaa. Nightmare on Elm Street? Bisaaa. Kawasan alien? Bisaaa.


Kira-kira begini, lah, contoh nuansa manis scarezone...

Pas siang hari, ruhan dan scarezone ini nggak ada, lho. Munculnya cuma malem, saat HHN. Gila banget, ya. Hanya dalam tempo sesingkat-singkatnya, para kru harus bisa nge-set-up sekian ruhan dan scarezones dengan apik.

Jadi inti kegiatan kalo dateng ke HHN ngapain?
Menjajal satu persatu trails (alias rumah hantu) yang ada, dan tentunya ngelewatin scarezones yang berisi hantu-hantu keparat gentayangan!

Temanya ganti-ganti, nggak?
Ya ganti, lah. GILA APA?! *inside joke* *inside insult*

Setiap taun, HHN punya tema besar. Dari tema besar ini, diciptakanlah seorang host / maskot. Maskotnya bisa badut setan kek, nenek sihir, kek. Yang pasti, tema dan maskot HHN selalu jempolan, karena mereka disertai oleh sejarah dan backstory (fiktif) yang lengkap dan epic

Misalnya maskot HHN taun ini seorang nenek sihir, ya nggak cuma sekedar nenek sihir. Ada ceritanya, nenek itu dulunya siapa, matinya gimana, dendam sama siapa, gentayangannya gimana.

Promotional poster untuk Halloween Horror Nights Orlando, 2011. MALEZDOTCOM.

Tema setiap ruhan dan scarezones HHN juga selalu berganti tiap taun.

Jangan lupa, Universal Studios adalah theme park berbasis industri film, jadi tema HHN juga sering diangkat dari film-film horor legendaris, seperti Nightmare on Elm Street, Halloween, Child's Play, Insidious (kampret), Silent Hill, Walking Dead, dan sebagainya.

Iklan TV untuk Halloween Horror Nights Hollywood, 2012


 Official preview untuk Halloween Horror Nights, 2013

Kalo mau tau daftar lengkap tema, ruhan, dan scarezones Halloween Horror Nights dari tahun ke tahun, cek Wikipedia-nya aja, ya.

Kalo dateng ke HHN, kita bisa main wahana Universal Studios nggak?
Bisa, tapi nggak semua wahana buka. Biasanya cuma 5-7 wahana headliners (yang paling laku) aja yang buka. Jadi, kalo pengen ngerasain teriak-teriak naik rollercoaster jam 1 pagi, sok mangga…

Wah, seru ya. HHN udah ada sejak kapan, sih?
Kalo di Universal Studios Amerika, sih, udah dari lama banget. Dari sekitar taun 1993-an gitu? Kalo di Singapore, udah sejak 2011. Di Osaka, sejak 2012.

Pengalaman pertama gue dengan HHN adalah di Orlando, Florida, taun 2009. Karena gue kesana untuk urusan kerjaan, gue cuma ngintip backstage-nya, saat sedang persiapan. Nggak bener-bener ngerasain malam HHN-nya.

Gimana cara datengnya?
Pertama, kita harus beli tiket HHN.

Ya, tiket HHN tuh beda dengan tiket masuk Universal Studios yang biasa.

Selain itu, HHN baru mulai malem. Pas udah gelap, lah. Ba’da Maghrib, gitu (halah). Jadi kalo mau ke HHN, kita nggak bisa dateng siang, ucluk-ucluk main wahana, trus nungguin HHN mulai pas malam hari. Kalo nggak punya tiket HHN, ya kita diusir (kecuali kalo punya tiket khusus, yang memperbolehkan kita main dari siang, trus lanjut ke HHN di malam hari. Yang pasti MAHAL YA, MAK!)

Oya, HHN ini cuma berlangsung dari malam sampai subuh hari, sekitar jam 1-2 pagi.

Kedua, keep in mind how gory and scary this event is. Event ini super ngeri. I mean, ngeri. Dan violent.

Waktu gue ke HHN di Amerika, ada beberapa aktor yang berperan sebagai serial killer ala-ala Leatherface-nya Texas Chainsaw Massacre gitu. Mereka berkeliaran di jalanan, bawa chainsaw alias gergaji mesin BENERAN dan DINYALAIN. Hanya saja, jeruji gergajinya dicopot, jadi nggak tajem. Teteup ya mak, suara chainsaw-nya horor bangetttt, dan mereka lari-lari ngejar pengunjung yang lewat-lewat, gitu. Very violent. Para aktor HHN emang ngeselin, sih, suka seenak jidat *pengalaman pribadi* *DENDEMBANGET*


So, remember the rules. Nggak ada batasan umur resmi, tapi anak dibawah 13 taun bener-bener nggak disarankan untuk masuk. Selain itu, para pengunjung SAMA SEKALI DILARANG masuk pake kostum. Pake mik-ap berdarah-darah dikit aja nggak boleh.

Alasannya, takut ada pengunjung iseng berkostum yang nyamar jadi karyawan, trus gangguin / harassing pengunjung lain.

Jangan lupa, di dalam HHN, hampir semua karyawan berkostum hantu. ‘Kan bahaya kalo pengunjung dan karyawan jadi saru. Bahaya kalo ada yang berniat jelek.


Rasanya pengen ngumpetin semprotan merica di balik beha, 
trus nyemprotin muka tiap aktor yang ngejar-ngejar di jalanan, gini. Benci banget, asli.

Ketiga, bertobatlah, inget Tuhan, baca doa dan jangan pingsan.

Contoh FAQ untuk Halloween Horror Nights di Hollywood taun ini.

Okay Leija, your point iiisss…?
My point is, Halloween kemaren, gue ke Singapore dan hadir di Halloween Horror Nights-nya Universal Studios Singapore. Auwoooo!

Halloween Horror Nights Singapore, 2013. I was there, son!



Bukan hanya itu, gue juga ngejajal Sentosa Spooktacular 2013, event Halloween lain yang berlokasi di Fort Siloso, Sentosa. Konsepnya sama persis seperti HHN, hanya saja beda lokasi, dan cuma ada rumah hantu. Nggak ada scarezones.



Taun ini, Sentosa Spooktacular bekerjasama dengan GTH, sebuah production house Thailand terkenal. Dengan demikian, LIMA rumah hantu di Sentosa Spooktacular 2013 masing-masing diangkat dari film horor produksi GTH - Shutter, Pee Mak, Coming Soon, Dorm, dan Body.

KUAMPRET EMANG! *tonjok tembok* *tapi tetep dateng*



It was an epic experience. Singkat kata, I died, went to hell, came back to life, and can’t wait to tell you guys about it.

And the point of my point is, tunggu laporannya  disini, yaaa... Muihihihihi! *ketawa kunti*

8 comments:

Rian Goslink said...

bagus bangetttt ditunggu yah kakak ulasan berikutnyaaa

Home and Family said...

Mbak leija sdh berani tho? baca jalan2nya di tokyo, ngga berani lewat walkthrough dan cari jalan lain.... ini malah nyobain ruhan yg ekstrem nya :)

prin_theth said...

Rian: Hahahahaha, HEH BIBIH YA?!

HomeandFamily: Iya, Alhamdulillah sekarang berani nekat aja!

Anonymous said...

Lei, sudah denger tentang http://runforyourlivesindo.com/ belum? Ini lomba lari yang banyak rintangan... berupa zombie. Aku nggak bisa lari, tapi pengen banget jadi zombie! Daripada ditakutin, mungkin mendingan nakutin orang :D

prin_theth said...

Dustysneakera: Ahahaha, udaaah... Dulu cuma bisa sirik pas baca-baca eventnya di Amerika dan Singapur, eeeh tau-taunya mau dateng kemari ya!

Seru banget sebenernya, dan pengen ikutan... Satu masalah: I really hate running. Kumaha atuuh :D

Ntiw said...

Kemarin sempat liat di Ellen Show dimana dia nyuruh penulisnya Amy dan producer nya Andy untuk datang ke Haunted House. Ternyata mereka datang ke Universal Studios Halloween Horrow Night yang di review di posting ini. http://www.youtube.com/watch?v=ZXZ6K21wvZM Kocak bangettttt deh...

d i n a r said...

kenapa seeh kalo nulis/cerita selalu kereeeen

canggiiih deh

ditunggu cerita lengkapnya yaa :D

Leony said...

Eh temen-temen gue kan banyak yang pergi yah. Anehnyaaa... kok pas foto banyakan foto2 narsis sendiri sih? Malah gue mikir, serem apa kagak benernya! Gue rasa temen2 gue emang jiwa narsisnya lebih tinggi dibandingkan rasa takutnya.

Makanya gue gak sabar kepingin liat ulasan elu soal ini. AYO BURUAN!

Post a Comment