Jul 12, 2012

Harapan vs Kenyataan

Di siang hari ini, saya mau berbagi suatu hal ter-bangke yang bikin saya ketawa-ketiwi semaleman.

Tau 'kan, bahwa orang Amerika, tuh, agak obses sama yang namanya DIY (do-it-yourself)? Misalnya, crafting, baking, sewing. Pokoknya bikin kerajinan tangan yang indah-indah a la Martha Stewart lah!

Malah, berprakarya ini kayaknya udah jadi patokan Mamah Ideal, deh. 'Kan kalo disini, jadi Mamah Ideal tuh masih berarti ASI, MPASI Homemade, masak sendiri, RUM, dan sejenisnya, ya. Kalo si Mamah jago berprakarya juga, itu jadi bonus.

Sama seperti Mamah-Mamah lokal, Mamah-Mamah Amerika juga hobi menampilkan hasta karya mereka di social medias. Pajang crafting-an di Pinterest lah, pajang baking-an (plus resep) di blog lah, di Twitter, di Path, di Facebook... you get the idea. Banyak dari mereka yang akhirnya jadi seleb blog, lalu karya-karyanya dijadikan referensi sejuta umat. Siapa, sih, yang nggak tau Smitten Kitchen, Prudent Baby, Oh Happy Day, atau Design Sponge?

Harus diakui, karya mereka emang keliatan baguuus sekali. They make baking, cooking, crafting, and DIY decorating seem very easy & effortless. Langsung deh, pembaca jadi ngiler, kagum, dan pastinya... kepengen nyoba bikin juga.

Akhirnya, emang banyak orang nyoba bikin kue / dekorasi / hasta karya seperti mereka. Dan banyak juga yang jadi sutris, karena hasilnya JAUH BINGIT sama yang ada di layar komputer.

Maka terciptalah website-website geblek semacem Pintester dan Craft Fail yang menunjukan HASIL-HASIL SEBENARNYA DARI MENCOBA BERHASTAKARYA. Ngakaaaak, aku ngakak kuntilanak!

Newspaper Nails

Harapan
(source: Beauty and Lace)



Kenyataan
(source: Craft Fail)





Summertime Splashy Nails

Harapan
(source: Beautylish)


Kenyataan
(source: Pintester)




I feel you...

No Sew Pillow Cover

Teorinya, ini adalah cara ngebungkus bantal sofa dengan selembar kain, untuk menciptakan pillow cover cantik tanpa pake jait-jaitan. Bener yaaa...

Harapan









Kenyataan
(source: Pintester)





Hoahaha... Gembel amat?

Rubber Band Lamps

Harapan
(source: Escape From BK)

Harusnya sih cuma modal ngiket karet di vas, semprot-semprot cat, trus tunggu kering...



Kenyataan

... tapi ternyata catnya mbleber dan ngelopek, zzzz



Cherry Blossom Art

Harapan
(source: Alphamom)





Kenyataan
(source: Emmy Mom)

Ahahahaha...

Easy Summer Sangria

Harapan
(source: Country Living via High Street Market)


 Kenyataan
(source: Pintester)


Frozen Yogurt Dots

Ini semacem Dippin' Dots (inget 'kan?), but healthier, I guess. Cause it's yogurt.

Harapan
(source: One Good Thing)



 Kenyataan
(source: Pintester)




Deviled Chicks

Tau deviled eggs nggak? Telor rebus yang kuningnya dikeluarin, dicampur bumbu-bumbu, trus dimasukkin lagi ke putih telornya. Dibawah ini adalah contoh kreasi deviled eggs, dengan membentuk si kuning telor menjadi anak-anak ayam lutju...

Harapan


Kenyataan
(source: Pintester)

Ngakak sampe dapurnya Mrs Fields!

Tentunya saya bahagiaaaaa sekali dengan 'pengakuan-pengakuan' geblek ini. Mereka nunjukin bahwa blog-blog DIY Mamah-Mamah Ideal kebanyakan fatamorgana, dan mereka berani nampilin hasil karya 'manusiawi' yang ancur-ancur. 

PS. Ada yang mau kirim hasil DIY ancurnya? Nanti saya pajang dimarih!

20 comments:

Linda said...

Sumpaaahh aku baca sambil berkaca2. Kalo aku selalu berpikirnya gini (campur iri sih)
1. Kamera n pencahayaan yang bagus
2. Rumahnya udah bagus duluan
3. mixernya kitchen-aid
4. mesin jahitnya mahal
5. bule pun!
6. pokoknya iri!!
7. iri sekaliiiii!!!
hhrrgghhhh.....(stresss)
Tapi satu kesimpulan, kalo mau bikin ngiler...emg hrs colorful dan tak lupa 'BAKAT'! yg terakhir itu tak tau harus beli dimana...hehehehe....

nushka said...

buahahahahaahaha
*ga brenti2 ngakak kl keinget/ngeliat lg si deviled chicks*

huahahahahahaha

Anonymous said...

hiburan siang2 nih.... :D

Dinniw said...

Ngakak sambil jepretin karet gelang penuh cat, satu-satu *padahal ngiri sama yang emang bakat DIY*

cchocomint said...

parah!!!!!!ngakak ga brenti-brenti!!!!manusia emang cuma bisa berencana,,hasilnya??? :)))))

Anonymous said...

saya akan jadi salah satu calon mamah yang nilai prakaryanya memilukan *bakar buku raport*. Gambar pemandangan aja masih setia dengan konsep 2 gunung yang mengapit matahari (bener-bener gak artistik). Belum prakarya lain yang selalu dibuatin mamah.

Haduh malu sama si anak kelak, punya mama yang tidak berjiwa seni samsek..

kania said...

Hai mba, ngakak guling-guling baca post ini. aku juga punya produk gagal pas belajar flanel di crayon's craft, pelajaran pertama bikin astor. mentornya nyontohin srat sret jadi bagus, begitu nyobain sendiri srat sret srat sret yaaaaahhh sudah lama, jadi astornya segede jempolnya shrek.

BTW, salam kenal ya mba.

Anonymous said...

Kayaknya gue cucok nih masuk sini Lei. Yang pintester, bukan yang DIY. Wong dari dulu nilai prakarya gue miniimmm banget.

Makanya disuruh bikin cupcake or cookies, hayok. Tapi begitu disuruh menghias, jiper dah. Cookies pertama gue buat MPASI Nadira dulu bentuknya kayak tempe goreng kering dong -___-

prin_theth said...

Linda: Sama deh! Kalo udah nemu toko BAKAT, kabar-kabarin ya :D

Nushka, silulak, Dinniw, Bening: Hihihi si Deviled Chicks-nya bener-bener bagai anak ayam dari neraka yaaa...

Pipijojo: Awww, kenapa harus malu? Biarpun mamanya nggak kreatif, pasti si bocah nggak akan mau tukeran mamah sama Martha Stewart sekalipun. You'll be the best mom for your kid lah, Mbak... Aku aja nggak bisa masak / crafting, cuwek ;)

Kania: Hihihi, kayak jaman pelajaran menggambar sama Pak Tino Sidin dulu ya. Pas blio yang nyontohin di TV, kayaknya merem juga bisa... Pas ngeliat kertas gambar sendiri... Busuk!

Ira: Mbak Ira dustaaaa! Kan jago masak! Teoriku, kalo jemarinya udah terampil masak, pasti cepet bisa menghias deh. Soalnya jadi jago ngira-ngira dan berani modif. Nggak text book amat gitu. Apalagi udah les nge-bento, cihiiy...

Leony said...

Ehhhh.... itu sebenernya kata gue, yang pillow cover itu, itu sebenernya udah LUMAJAN bangettt!! Yang bloon itu cuma satu: Pemilihan bahannya! Masak pake sarung bali ??

La, secinta2nya gue sama prakarya (gue demen prakarya loh), tapi kalo ngeliat yang model begini, kok gue ngerasa, kayaknya agak kurang kerjaan yah? If there's more practical way to do it, ngapain kita bikin step 1-2-3 buat bikin itu jadi different shape... cape deh! (Bisa dikemplang gue sama pembaca yang lain, termasuk elu juga).

the grumpy blogger said...

gue penggemar berat design sponge, khususnya bagian rumah2nya itu loh (sneak peak kl gak salah rubriknya)...trus penasaran gila nyeni banget ni orang2. sampai lama2 gue sadar, semua rumah itu yang punya designer/photographer/carpenter..YA TERANG AJA DONG YA! *pundung*

MITA said...

Aduh sampe meledak ngakaknya... padahal lagi bertamu ke rumah camer begitu liat si anak ayam super lutchu.. ya tentu saza kreasinya mba lei.. X))

Oni said...

OMG! Yang sangria n devils egg itu gue banget!!! yg sangria tempat ngaduknya juga percis.. makanya mau masak makanan/bikin minuman seenak apapun fisiknya tetep kaya muntah kucing.. hiks tapi kalau kerajinan tangan sampai sekarang gue ga pernah tertarik n tergerak bikin sih.. ngeliatnya aja uda keder O_o

Della said...

Saya ketawanya sambil miris-miris, soalnya saya termasuk korban yang sering nyobain DIY dengan gegap gempita tapi ya emang gagal terus, hihihi.. Paling mending sih kalo nyobain resep, biasanya masih ada sukses-suksesnya dikit. Etapi yang bantal itu tergantung bahannya sih, saya coba kok sukses :)
Komen pertama ni Leija, nemu blog kamu waktu lagi browsing-browsing tentang kehamilan. Salam kenal ya :)

Dessy said...

NGAKAK!!!!
gw termasuk makzilla yang sok2an kreatip. (padahal ngegambar kucing aja sulit dibedain sama kelinci bunting). Harusnya gw join ke Pintester ya. hihihi...

Anonymous said...

Gueeee....gue punyaaaa karya2 DIY gagal. Kalo di gue DIY jadi DDIY. Don't Do It Yourself. Pokonya mah JANGAN.

Soal bakat yah...iiihh, gue tadinya gak percayaan banget loh. Buat gue segala kesuksesan itu pasti hasil latihan dan kerja keras. Sampai suatu saat gue masak telor dadar andalan yang sering menuai pujian karena katanya enak, udah seratus kali gue masak tetep aja bentuknya babak belur....trus gue kasih resepnya ke adek gue, eh punya doi hasilnya cantiiiiikk, manis dan mulus. Asli loh...di tangan doi TELOR DADAR AJA BISA CAKEP. Gimana ceritanya itu cobaaaaa?

Bakat itu pasti. BAKAT!!!!!

risti said...

GILAK KAMUH BUMIL! aku terngakak bersama secara virtual bareng adikku yg korban splashy nail art & iparku yg candu pinterest. emang bagi orang awam selain martha, kenyataan kadang seindah harapan yah neikkk

Anonymous said...

itu kenapa pillow covernya pake daster sih? ngakak gw. kirain gw doang yang najong masalah kerajinan tangan gini. Alhamdulillah deh kalo banyak yang payah juga.

beneran kata rika, itu murni bakat. Pasti.

Unknown said...

masyaoloo..ngakak berat liat yg deviled eggs, bentuknya miris2 ameet..roflol

Ade@Fortheloveofpainting said...

Thanks for using my vase pictures!

Post a Comment