Dec 9, 2011

Hong Kong November 2011 - Hong Kong Disneyland

Semua berawal dari masa kecil, disaat tontonan pertama saya adalah animasi-animasi klasiknya Disney macem Sleeping Beauty dan Pinocchio. Saya terpesona sekali sama semua karya Om Walt tersebut, sampe apal siapa nama pangerannya Princess Aurora, gimana awalnya Dumbo bisa terbang, siapa nama kucing dan ikan mas piaraannya Gepetto. Nggak kayak anak jaman sekarang yang cuma taunya kolektif “Princess”, cis... (gondok niyeee…)

Alhasil, Disney senantiasa menghiasi kenangan masa kecil saya yang geblek-geblek, seperti saat saya hobi ngayal jadi Ariel, pura-pura kelelep sambil teriak, “OH, PRINS ERIK! PRINS ERIK TOLONG AKU!” padahal mainnya di kolam karet, dimana tinggi airnya hanya lima senti (zzzz). Lalu ketika Beauty and The Beast perdana main di bioskop, saya kegirangan setengah mati, loncat-loncat di tempat tidur, nyungsep, bibir robek, bubar.

And then there’s Disneyland.

Kebayang nggak, anak se-cinta sama Disney gini pingsan-meleknya kayak apa waktu pertama kali ke Disneyland? Maka ketika pertama kali menginjakkan kaki di Disneyland, sekitar taun 1989, hati ini langsung menjerit, “This is my home,” tak lupa sambil menatap kejauhan dengan dramatis…

Alhasil, saya tumbuh dalam keobsesifan terhadap semua franchise taman bermain Disney—suka beli travel guide books Disneyland dan Walt Disney World, browsing harga tiket (buat apa ya?), mempelajari wahana-wahananya, bahkan pas kuliah saya apal persyaratan jadi operator wahana Disney parks (sekali lagi, BUAT APA YA??).

Kemudian, kalo kata buku The Secret, if you want something, the universe will conspire to make it happen. Meski nggak punya bekal ilmu Teknik, beberapa taun yang lalu saya berkesempatan jadi salah satu tim pendiri sebuah theme park, yang bener-bener harus mikirin theme park ini from scratch. Subhanallaaah… Hanya dengan ‘bekel’ pesyen saya terhadap Disney parks. Ternyata bisa jadi duit ya?

Dan di suatu hari yang indah, saya dikirim ke Amerika selama tiga minggu untuk dateng ke sebuah trade fair & seminar theme park, sekaligus mempelajari setiap theme park franchise Disney dan Universal disana. I-i-i-i-itu 'kan berarti 9 theme parks in only three weeks. PINGSAN!

Meskipun sampe eneg liat Disney parks, saya jadi paham sama industri mereka. Mulai dari alur penempatan wahana sampe crowd control. Yang tadinya cuma punya perspektif turis, sekarang jadi punya perspektif manajemen theme park.

Sekarang saya udah nggak kerja di theme park itu lagi, tapi perspektifnya nggak pernah berubah, dan ini sukses deeeh membuat saya menjadi…. DISNEYLANDZILLA.

Ada nggak sih, istilah gitu? Di-ada-ada-in aja ya. Intinya, saya nih menjadi tipe pengunjung Disneyland yang obsesif banget gitu, lho. Tipe pengunjung yang HARUS dateng pas opening time, dan kesel sama orang yang nggak paham Fastpass, apalagi sama turis Indonesia yang nyebut wahana Dumbo the Flying Elephant “Gajah Bleduk”. Ya ampun buuu, pulang aja buuu ke Ancooool…. (anjrot, kurang ngeselin apa guah).

Dengan demikian, cerita main ke Hong Kong Disneyland berikut ini bakal diselipin tips-tips simpel dari seorang Disneylandzilla yaaa… Nggak keberatan yaaa...

***

Di Hong Kong ini, kami apes, cuma bisa dateng ke Disneyland di hari Sabtu, which is weekend, which is nightmare. Duuuuh, padahal semua juga tau, jangan main ke Disneyland pas weekend (tips #1), tentunya untuk menghindari antrian. Antrian panjang itu berarti anak kecil rewel, dan kalo Sophia rewel, pulang aja yuuuk…

Dua minggu sebelum nyampe Hong Kong, saya udah gemes mikirin prahara ini. Akhirnya muncul dua pilihan:

A.    Dateng dua hari. Yes, ini berarti beli 2-Days Ticket, dan memecah kunjungan menjadi dua hari. Hari pertama mainnya pagi-siang aja. Hari kedua mainnya sore-malem aja. Tujuannya, supaya si piyik bisa melihat Disneyland dari pagi sampe malem, tanpa diforsir ngantri seharian.

B.    Pulang tengah hari. Ini sangat ideal kalo kita nginep deket Disneyland. Jadi kita main dari pagi sampe siang, dan siang hari—pas lagi panas-panasnya dan penuh-penuhnya—kita balik ke hotel, istirahat. Sorenya lanjut lagi sampe malem. Balik ke hotel ini harus dipaksa ya, meski anaknya nggak mau, soalnya anak kecil ‘kan suka sotoy tuh… Berasa kuat, padahal teler. Nggak harus tidur siang sih, bisa nonton TV aja, atau rendeman di bak mandi / kolam renang. Asal estirohat.

Jadi mau yang mana?

Awalnya, May setuju sama plan A. Hore!

But at the last minute, Uda Didit menyatakan nggak bisa main dua hari, karena hari Minggu-nya ada acara. Yaaah… Kalo mau njalanin plan B, kayaknya agak susah, karena hotel kami jauh dari Disneyland. Tapi tetap dicoba deh. Siapa tau bisa… Plan B it is.

Untuk mengejawantahkan plan B tersebut, tentunya kami harus sampe di Disneyland pagi-pagi sekali. ‘Kan siangnya mau pulang…. Maka jauh-jauh hari saya kampanye ke Uda, May, dan T, “Kita dateng pagi yaaaa! Oke? Nanti kita sampe sana pagi ya! Pas buka ya? Kita disana pas buka ya?” ulang 100x.

Alhamdulillah, brainwash ini berhasil, karena kami sukses berangkat dari hotel jam 8.30, sementara Disneyland-nya buka jam 10.00. HORE!

IMG_0004
Are you redeh?! Are dong yaaa...

IMG_0005    IMG_0006
Pose favorit nomer 2 (setelah pose silat): pose Power to the People. Mungkin di rumah nontonnya DVD tokoh-tokoh revolusi, Sop?

IMG_0013
Aunty agak niat ya, beli cincin Miki gocengan dulu di Strawberry ITC Jakarta, HAHAHA.

IMG_0015
Makin penasaran, siapa sih koreografer anak ini kalo di rumah?! Tanpa aba-aba, tiba-tiba split di peron...

IMG_0024


IMG_0034


IMG_0037


IMG_0020


IMG_0050
Borrowing (baca: robbing) Aunty's ring.

IMG_0053
We're near!

Alhamdulillah, kami sampe Disneyland jam 10.00 pas, sambil menggenggam tiket yang sudah dibeli sebelumnya. Sungguh tampak gagah dan well-prepared! Senangnyaaa...

IMG_0063    IMG_0070

Tapi tunggu dulu. Biarpun nyampe early, nyatanya keliatan udah penuh juga tuh, sial. Ini nih, kutukan weekend crowd.

But no worries! Aunty Disneylandzilla got it everything under control. Saya bergerak se-efektif komandan perang. Yang lain pada pipis dulu, saya lari ngambil peta! Yang lain beli minum dulu, saya ngapalin jadwal show dan parade! Dan yang paling gong adalah… akika bawa jadwal naik wahana.

Zzzzz.

Ini kah yang namanya obsesif? (beda tipis sama kurang kerjaan). Karena udah tau alur wahana dan tingkat crowd masing-masing, di Jakarta saya nyempetin dulu bikin jadwal naik wahana. Jadwal naik wahana tuh kayak apa sih? Kayak begini…

1.    Naik Disneyland Railroad ke Fantasyland
2.    Lari ke Winnie The Pooh, ambil Fastpass
3.    Sementara nunggu fastpass, naik Mickey's Philharmagic
4.    Naik Winnie The Pooh pake Fastpass
Dst.

HAHAHAHA *ketawa kacak pinggang*. Jadi nggak ada tuh yang namanya "naik-wahana-yang-pas-lewat-aja-deh". Semuanya terencana! Ngeri nggak sih, bundaaa…

Sebenernya niatnya baik, kok—untuk meminimalisir ngantri. Bikin jadwal tersebut pake aturan-aturan, lho. Contoh salah satunya, pas sampe, kita harus langsung naik wahana yang populer (tips #2).

Banyak pengunjung Disneyland yang pas dateng, langsung stuck foto-foto sama Miki & Mini di Main Street USA. NGGAK USAH. Itu NANTI aja. Mereka bakal ada seharian kok. Nah, mumpung orang-orang pada stuck foto-foto, lari deh kita ke wahana yang populer. Simple logic 'kan, sebenernya…

(tips #2 tadi cuma berlaku kalo kita dateng pagi ya).

Dan bener aja sih, pas kami sampe di Fantasyland, iiiiih masih sepiiii. Yah rada rame sih, tapi untuk ukuran weekend, ini sepi. Dateng pagi tuh nggak pernah rugi deh (tips #3). Antrian The Many Adventures of Winnie The Pooh aja masih 15 menit, maleeeh…. Jam 15.00 antriannya udah berapa lama, coba? 100 menit aja, sekian dan terimakasih, dapet salam dari parem kocok.

Oya, tips yang paling, paling penting adalah: PAKE FASTPASS (tips #4). Saya perhatiin banyak turis di HK Disneyland yang nggak memanfaatkan Fastpass. Mungkin agak bingung ya? Padahal it’s really, really easy, bahkan sistemnya udah dicontek Dufan. Begini caranya!
  1. Nggak semua wahana punya sistem Fastpass—hanya wahana yang populer. Coba cek di peta.
  2. Untuk bisa menggunakan Fastpass, selalu pegang tiket Disneyland kita. Jangan lecek, jangan dibuang.
  3. Di antrian wahana yang pake sistem Fastpass, ada semacam mesin tiket khusus. Ini untuk ngambil tiket Fastpass. Selipin tiket Disneyland kita, nanti akan keluar selembar tiket Fastpass. Di tiket Fastpass itu, ada tulisan range waktu. Misalnya, Space Mountain—15.30 – 16.30. Itu berarti kita musti balik lagi ke wahana Space Mountain antara jam segitu.
  4. Nah, abis itu santai-santai lah. Bisa naik wahana lain dulu, makan, kongkow, bebasss.
  5. Antara jam 15.30 – 16.30 (terserah, tepatnya mau jam berapa), kita balik ke Space Mountain, trus ngantri di jalur khusus Fastpass. Jangan di antrian biasa ya. Yang penting kita dateng di time slot yang udah ditentukan oleh si mesin. 
  6. Antrian Fastpass ini jauh, jauh, jauh lebih pendek daripada antrian biasa. Karena Fastpass ini terbatas.
Intinya: sistem Fastpass itu adalah sistem ‘nge-book’ antrian buat kita. Simpel dan maknyus, bukan?

Untuk Space Mountain di HK Disneyland, ada sistem Single Rider line yang LEBIH maknyus lagi, but that’s not another story. Google sendiri boleh ya, kakak :)

Jadi Alhamdulillah, dengan perencanaan yang bagus *kipasin diri sendiri*, kami sakseus naikin 90% wahana yang ada di Disneyland, walaupun hari Sabtu, dan walaupun naik wahananya agak melenceng dari jadwal Aunty Disneylandzilla (sebab musabab: Sophia nggak bisa berhenti foto-foto sama Miki, Mini, Pluto en de geng. Rusak deh jadwal Aunty, Sop! *kunyah print-an Excel*).

Oya, pada akhirnya kami batal pulang ke hotel, dan Sophie tidur siang di bangku panjang aja.

Alhamdulillah, meski sempet pake tantrum 2x (alamakjaaang… abis ni bodi Aunty digebukin), Little Miss Sophie bertahan main di Disneyland sampe malem, dan nggak melewatkan fireworks Disneyland yang must-see itu. Jam 10.00 sampe jam 20.00 lho, Sop! Hebring! Bakat jadi satpam!

And now, picture time!

It's A Small World

IMG_0102


IMG_0106
Fantasyland masih sepi. Heyho!

IMG_0135


IMG_0154
Dapet salam dari Istabon. Bener-bener mirip, ck ck ck. Tentu saja tidak secara kualitet...

IMG_0165

Characters Photo-Op

IMG_0118    IMG_0121
Ahahaha... / Power to the people!

IMG_0124    IMG_0127
Belalang sembah (?) / Power to the people! part 2

IMG_0132
Bersama Aunty! (tu kan, langsung anaknya nggak doyan)
 
Flights of Fantasy Parade

Menunggu parade mulai.

IMG_0207


IMG_0205

Apa rahasianya Opi bisa cerah-cantik-jelita nonton parade walau udah sore gini? Tidur duluuu... Meski posisinya nggembel banget, menggelepar kanan-kiri di aspal, yang penting dia sempet tidur  siang lumayan lama. Jangan ditanya ya, gimana kondisi Opi sebelum tidur pas lagi ngantuk-ngantuknya. Horor!

Oya, kalo nggak gitu demen sama parade, waktu parade adalah waktu yang tepat untuk naik wahana-wahana populer. Dijamin lebih sepi, karena banyak orang konsen ke jalanan (tips #5).

IMG_0215


IMG_0226


IMG_0234


IMG_0239


IMG_0256


IMG_0262

Festival of The Lion King

Opi nih (ternyata) hanya kenal sama karakter-karakter Disney yang nggak punya film panjang, seperti Tinkerbell dan Mickey & Friends. Sementara kalo diajak naik wahana / nonton show yang berbau film (Toy Story, The Lion King), Opi pasang ekspresi ngantuk. Langsung yakin deh, anaknya kurang disosialisasikan ke film-film Disney. Jadi bunda-bunda, coba kenalin dulu film-film Disney ke anaknya sebelum jauh-jauh ke Disneyland. Kalo anaknya garing, ortunya juga gondok... (tips #6)

IMG_0301


IMG_0318


IMG_0331


IMG_0336


IMG_0341
Kentara ya, ekspresi "What-the-hell-was-that. I'm-not-impressed"-nya Opi. Hadeuh...

The Many Faces of Sophia

IMG_0345


IMG_0168


IMG_0179    IMG_0177
Hati agak nggak enak ya, liat yang bapak-bapak berusaha imut ini, hahaha...

Disney in the Stars Firework

Whatever you do, DO NOT miss Disneyland's fireworks (tips #7). SOP-nya Disneyland memang masang pertunjukkan fireworks setiap malem (hiii, kebayang biaya operasionalnya berapa) dan pertunjukkan mereka sungguhlah kualitas dunia. 

Sebenernya yang bikin keren tuh bukan tipe kembang api-nya, karena yang di Sea Games kemaren pun nggak kalah. Yang bikin keren adalah koreografi kembang api-nya yang dibikin alur cerita, lengkap dengan narasi. Timing 'peledakan'nya pun di-sikronkan dengan lagu-lagu Disney yang membahana seperti When You Wish Upon A Star, A Whole New World, de es be. It's all in the details :)

Bener-bener menambah value harga tiket masuk kita deh. 

IMG_0382


IMG_0378

Kalo emang niat mau nonton fireworks, jangan pandang enteng crowdnya. Orang mulai nge-tek tempat duduk di aspal (lengkap pake buka tiker dan buka bekel) satu jam sebelum kembang api-nya mulai (tips #8). Nggak mau kalah dong yaaa... saya nge-tek spot satu setengah jam sebelumnya. Ambisieus deh! Tapi hasilnya sangat, sangat worth it. Dapet tempat yang view-nya super enak, bisa duduk leluasa, motretnya juga nyaman.

Banyak keluarga melewatkan fireworks show ini karena anaknya keburu teler, minta pulang sore hari. That's why I think, tidur siang anak itu penting. Karena Disnileng itu paling worth it dinikmati pagi  hari (karena masih adem dan sepi) dan malam hari (karena fireworks-nya). Waktu paling busuk adalah siang hari, jadi mending bobo dulu aja yuuuk, sekaligus nge-charge tenaga buat malem...

IMG_0416


IMG_0420


IMG_0432

Hong Kong Disneyland at Night

Kita mungkin mikir, paling enak belanja di Disneyland pas mau pulang aja ya, soalnya kalo siang, males 'kan jadi nenteng-nenteng belanjaan seharian. GESWAT? Semua orang juga mikir gitu. Alhasil,  menjelang Disneyland tutup, toko-toko utama di Main Street USA selalu kayak posko banjir. Ramenya makdikipeee... Jadi kalo mau belanja serius, mungkin nggak apa-apa siangan aja (tips #9). Kalo barangnya kecil, bisa dimasukkin tas. Kalo barangnya gede, sewa loker penitipan dulu bisa kali yaaa...

Bebas aja sih pengaturannya, yang penting jangan belanja menjelang closing time ya. Ribeeet.

IMG_0365


IMG_0374


IMG_0442


IMG_0449    IMG_0464


IMG_0444


IMG_0469


IMG_0458     
Biarpun 'pingsan'nya meyakinkan banget, percaya nggak kalo gue bilang Opi lagi akting? Memanggil Om Raam!

IMG_0463

Thank you for the awesome time, disnileng, we'll see you very soon ya!

34 comments:

nyun said...

lela, a a a akhirnya ada yg ngerti jg kalo wahana populer tu mending diduluin ajah... *terharu*

smp gondoook gue terakhir main ke theme park, tmn gue hobinya cm ntn parade/show plus foto2 tiap 2 meter sekali *ngga berlebihan ini...mewek*. akhirnya tiket mahal2 jg mostly buat nungguin (baca: antri) show atau ngejogrok di main street nungguin parade lwt, atau nunggin dia puas foto/videoin..mubaziiiiir. milih travel crowd emg penting jg yakk..*sniff*

DwD said...

Ya ampyunnn selama ini liat foto-foto orang di Disneyland HK gw ga pernah gitu tertarik ke sana, udah gitu banyak yang bilang Disneyland HK ga gitu bagus. Tapi ngeliat foto-foto ciamiks di atas, langsung pengen ngebook tiket sekarang juga ke HK buat ke Disneylandnya! Tips-tipsnya sungguh sangat berguna klo ntar gw ke sana, harus dicatet nih biar ga lupa.

Pas baca tulisan "It's A Small World" langsung terngiang lagunya dan agak sedikit flashback jaman piyik ke Disneyworld. Sayang aj ga ada videonya, klo ada lumayan, lumayan bikin sedih huks.

ita said...

tipsnya sungguh, SUNGGUH berguna :D
dan fotonya bagus, BAGUSSS bgtt :D

teruntuk opi, titip cium dan gigit kruwes ya auntyy.. :))

dira said...

aku sampai mau mewek pas liat fireworks-nya. :')
akan ku print-out postingan ini begitu mo cuus ke disneyland

terima kasih sudah mengingatkan kalau saya punya mimpi mo ke disneyland tapi terkikis sama mimpi2 yang lain (katespade, ipad, --ini mimpi apa shoppinglist? :p ).

Definitely will add Disneyland persis dibawah Hajj.

lulu said...

Asli cincin miki nya gocengan? dalem ati tadi mikir....kaya punya anakku, hehehe
untung pas foto Lei g pose silat juga, jadinya kaya Mrs. Sakerah ntar.....*siap ngacir*

makasih infonya yaaa......

Leony said...

Catet, *baca* catet lagi * baca lagi * catet lagi * dst hehehehehe...

Makasihhhhhh buat tipsnyaaaa!! Kemaren ini gue pake 2 days pass yg di California, GAK CUKUP! kayaknya gue kudu beli a week pass kali, abisnya gabung sama California Adventure kan, dan ditemenin 2 ponakan gue yang cranky, with not that many adults, ya gitu deh...OUT OF CONTROL! Tapi teteup, stay ampe malem buat nonton fireworkssss!! LOVE IT!

prin_theth said...

Oya, ibu-ibu! Ada satu lagi tips simpel yang juga penting: MAKANLAH DI LUAR JAM MAKAN. Ini berarti makan siang jam 11 siang, makan malem jam 5-6 sore, sambil ganjel-ganjel snack diantaranya. Kenapaaa? Untuk menghindari restoran penuh. Restoran tuh bisa sama edannya deh sama wahana... kalo sampe nggak dapet meja, sebel kan yah?

Nyun: ya ampuuun, aku turut gondok! Iyaaa, kebayang crowd yang cuma suka 'foto-foto' tuh kadang bisa jadi cobaan. Kalo misah atau pecah rombongan jadi 2-3 grup gitu gimana? At least kamunya bisa tetep enjoy main kali yah...

DwD: Hihihi, HKDL emang kecil dan nggak gitu seru kok... untuk yang dewasa. Tapi menurutku, untuk bocah SD ke bawah, apalagi yang seumur Sophie, skala HKDL ini passs banget. Nggak kegedean, sehingga navigasinya nggak susah. Seandainya Opi langsung dibawa ke Disneyland Amerika, pasti ortunya kudu lebih muter otak susun strategi :D

Eh aku ada videonya lhooo... Mau diedit dulu tapi hehe.

Ita: Makasih Aunty Ita, mmmmuaah!

Dira: HAHAHA, definitely Disnileng after Hajj. It's a magical place Mbak, sukur-sukur rejekinya langsung yang ke Amerika yaa ;)

Liuliuliu: Eh bukan... cincinnya TIGA RIBU ajah! Belinya di Strawberry ITC tempat pernik-pernik nggak penting itu lho hehehe. Mrs. Sakerah siapa siiih *Google*

Leony: O-M-God, kayaknya emang musti at least 3-Days Pass deh, kalo mau gabung Disneyland dan Disney's California Adventure. Mana DCA 'kan epic banget gitu, seruuu! U so luckyyy :D Good thing bisa stay sampe fireworks yaa :D

ini_dhita said...

leija
ihh gue ga sempet nonton lion king. susah si gue arrange waktu ber 10, yang 4 dari mereka adalah para orang tua yang tidak sama excited nya dengan emak2 seperti gue haha.

jadi antara enak dan gak mau pisah. tapi ga tetep bareng, stuck aja gitu duduk di resto atau jalan nya ga bisa sambil lari atau tiap 5m foto haha

ditambah gue pun hrs check in hotel disneyland. waktu berjam2 kebuang deh. tapi bener deh itu fireworks must see banget yah :))

btw itu sophie mirip banget sama anak gue si azka tingkah nya *ngakak tiap liat foto nya* haha

Kara Gunawan said...

HELLO MY FELLOW DISNEYNATIC (alias Disney Fanatic *uhuk* maksa).

I agree with all of your tips!!! Hihihi cuz I did the same! Kunjungan terakhir gw ke disney (as you know) pas summer holiday ke California kemaren ntuhhh.. smartly enough gw kesana pas low peak (aselik pas barengan anak2 masuk sekolah *YES*) dan memutuskan ke disneyland pas weekdays, jadi weekend dihabiskan untuk *jeng jeng* shopping. Anyway. Bawa toddler pun gak masyalah, walopun nginep di Disney Hotel, aidan tetep ciamik bertahan di theme park (bobok di stroller dg manisnya walau hingar bingar parade). DAAAAAAN puji syukur sujud2 di lantai (biar dramatis) my little boy UNDERSTANDS classic Disney characters! Emaknya yg maksa nyekokin doi dari bayi yah. Jadi walo belum ngerti2 amat, asal liat karakter klasik disney dia tepuk tangan kegirangan :P

Let's go together sometime in the future!!! *amin*

Fry said...

Sophiiiaaaaa!!! Terlalu deh anak ini.. yang bandel-bandel gak bisa diem gini ini yang bikin hati gremet-gremet. Dia ngomongnya ketuaan gak? Kalo iya, komplit PaHe tipikal bocah-bocah favorit gue inih!

Gue pengalaman ke HKDLnya agak kurang seru.. karena cuma pergi berduaan sama nyokap yang gak demen sama sekali naik wahana. Jadi sementara dia duduk-duduk di resto, gue disuruh naik-naik sendirian *asiknya*

Akhirnya cuma tahan naik 3 wahana gara-gara pengen nangis karena setiap ngantri dikasih tatapan "kok-orang-ini-main-cuma-sendirian-gak-punya-temen-ya-dia"

Dan lagi seseru-serunya Space Mountain lebih seru kalo bangku sebelah juga ikut saut-sautan teriak bareng kita dong ya..

Katrin said...

Last time ke Disneyland hkg sini...ehm, ujan deressssss sederes2nya (awal september taon lalu), bus jemputan telat dateng, guide lokal ditelponin 1-2x diangkat,telpon berikutnya dicuekin. N karna ujan deres banget, gw ambil kesimpulan ga bakal ada fireworks, peserta tour udah gw giring ke tempat janjian ketemuan ama guide lokal, n ... fireworksnya ternyata dimainin!!!sejam lebih lambat dari jadwal. Jadi, gw sampe sedih liat foto2 fireworksnya, lei...hehehe...tapi keren kok....

btw, si T mirip ya ama Uda nya...n baju kalian (lei, T, n opi) sooo mecinggg...love it...

p.s: knapa dumbo bisa terbang,lei?...

Lady in Red said...

Mesti ditambah lagi tuh travel tips-nya: (1) choose the right travel companion(s) and (2) dateng pas birthday!

I celebrated my 28-th birthday in... Disney World, Florida! Pergi berdua sama temen gua, cewek yang bukan banci foto (she was celebrating her thesis submission) dan dari di pesawat kita udah pasang strategi mau ngapain aja selama 4 hari di Disney World (hayo ngiri ndak). We did things very efficiently, and we chose to go to Magic Kingdom (selalu paling rame) on my birthday. Kenafa? Soalnya kalo birthday bakal dikasi button yang ada tulisannya it's my birthday! Trus ditulisin namanya. Dan.... ga ada tuh yang namanya ngantri hari itu. Birthday people (+ companions) always stand in front at Disney! Special treatment banget deh! Trus dinner nya kita makan di resto where some Disney characters came and joined us... jadi gua diselametin, diciumin, dan foto bareng sama Winnie, Piglet, Eeyore, etc... dapet kartu, ada confetti, balon, etc dan birthday cake cilik. Pas mau liat fireworks juga orang orang buka jalan sambil bilang "Happy Birthday!" Pengen deh tiap ulang taun ke situ (amnesia kalo soal umur).

Arman said...

i'm a disneyland lover too!!!! :D penggemar disney sejak balita. tau semua karakter dan lagu2 disney. berharap suatu saat ada acara berpacu dalam melodi khusus lagu2 disney! gua pasti ikutan. huahahaha. :P

pas SD pernah nabung duit buat pergi ke disneyland amerika. sayang gak cukup. :P dan akhirnya baru kesampean ke disneyland anaheim setelah umur 31 th. gile yeeee.... bener2 dream comes true banget. noraknya gak ketulungan. dan sejak itu pergi ke disneyland jadi agenda wajib minimal setaun sekali. :D

anyway gua setuju sama semua tips nya.
dan kalo boleh, gua mau nambahin 1 tip lagi. yaitu.... sewa kursi roda! hihihihi.
nyewa nya jelas 1 aja. kalo di anaheim sih harga sewanya $12. gak tau kalo di HK berapa. tapi worth banget lho...

karena banyak ride (walaupun gak semua) yang mendahulukan kursi roda. jadi gak perlu antri samsek. langsung masuk. asik banget kan... dan kursi roda juga bisa dimanfaatkan untuk naruh2 barang2 belanjaan. huahahaha.

Arman said...

eh mau komen satu lagi. bagus2 banget dapet foto fireworksnya!!! mantap dah!

prin_theth said...

Part 1

Dhita: Waw, kamu ber-10 Dhit? Yah, kalo begitu emang kudu pasrah aja and injoy the crowd ya hihi. Nggak apa-apaaa, berarti ada alasan balik lagi ke HK... eeeh, nggak usah, ke Disney World Amerika aja lah sekalian! :D

Eh coba ya itu Azka kenalin ke Sophie, mumpung sekolahnya udah sama lho hehe.

Kara: *embracing my fellow Disneynatics*! Aduh aduh aduh, dari semuanya, tentu saja gue paling sirik sama Aidan yang udah ngerti Disney classics di usia 1 tahun! Maaakkk... Kalo soal menghindari peak crowd kayaknya bisa diatur ya, kalo yang itu susah tuh kayaknya hahaha! Gue udah pelan-pelan koleksi DVD ih Kar buat bocah hihihi... Insya Allah yuuk, mari ke Disnileng bersama yaaa

Fry: Ahahaha... ya ampun seru banget ya Fry. Sukur-sukur nggak sampe kenalan sama cowok HK biar nggak despret... Tapi paham banget. Dulu di Nippon bokap gue juga gitu kelakuan... gue masih SMP pula... langsung hati nggak endeus ya selama ngantri, antara hepi dan kesepian. Tapi udah seumur gini, rasanya gue bisa cuek deh solo traveling! (asal dibayarin).

Soal Sophie, ntar liat yaah, gue lagi apload video. Gile bener tuh anak! Suka nyemil Energizer kali di rumah...

prin_theth said...

Part 2

Katrin: Ya ampuuun, apes banget yah! Iya, setau gue, Disneyland jarang membatalkan nightly fireworks show mereka, kecuali kalo badai banget... biasanya diundur gitu :( Well, more reason to kambek next time yaaa!

(Dumbo memang bisa terbang karena kupingnya 'cacat', gede banget. Tapi dia baru mau terbang setelah dibo'ongin sama Timothy Mouse, yang ngasih dia bulu gagak yang dibilang 'ajaib', katanya bisa bikin terbang. Sebenernya sih buat nambah pede aja, hihi...)

Lady in Red: Waaaa senengnya ya... Actually, kayaknya semua orang yang pake button perayaan macem apa pun bakal dapet some kind of special treatment deh!

Waktu ke HKDL kemaren, gue sebenernya nyariin 2 celebration button: Anniversary Button (buat gue + T) dan 1st Visit Button (buat Sophie). Tapi nggak ada lho di City Hall, zzzzz. Kalo di Emrik lengkap deh button-nya. Dan yes, semua orang yang pake button gitu pasti dapet special treatment, sesederhana apapun, ih senang sekali pokoknya.

Hahaha, 4 days at WDW, seru ya! Emang minimal 4 hari deh, karena harus selalu bagi waktu sama Epcot, Hollywood Studios dan Animal Kingdom... Itu aja nggak pake waterpark! T__T

4 hari pun masih encok nggak sih, tetep kejar-kejaran sama waktu? Suami, pindahkan aku ke Orlando... atau Anaheim as 2nd option juga boleee le le le

Arman: HAHAHAHA Berpacu Dalam Melodi Disney... lawannya gue doooong ya pliiis hihihi...

Sooo agree on the kursi roda. Sebenernya bukan kursi roda 'kan ya tuh, tapi semacam electric scooter. Dulu gue sebel banget sama orang yang sehat walafiat (nggak jompo, nggak sakit, dll) tapi pake-pake si scooter ini. Bikin ribet traffic kan...

Tapi pernah temen gue kakinya terkilir dan harus sewa, OMG sampe rebut-rebutan sama gue yang sehat-sehat aja hahaha. Sayang, di HKDL (kayaknya) nggak ada si scooter ini. Etlis nggak pernah liat.

Thank you for the photos compliments! Padahal menurut gue agak kurang dapet lho... entah kenapa fireworks di HKDL ini lebih banyak yang nyembur dari bawah, bukan yang meledak di atas (apa sih ya namanya...), jadi kurang megah.

Oya, you guys Disney heads, are you guys on disboards.com? Kalo belum, pada ikutan yuuuk...

Arman said...

kalo di anaheim sih ada pilihannya. ada kursi roda elektrik (mungkin sama kayak yang lu maksud 'scooter') sama yang manual (yang didorong). kita waktu itu nyewa yang manual aja karena lebih murah tentunya. huahahaha.
waktu itu sih kita nyewanya gak bermaksud demi bisa gak ngantri sih, tapi karena istri gua hamil muda. jadi setelah 2 hari jalan kaki, takut kecapean, jadi hari ke-3 diputuskan suruh duduk di kursi roda aja, yang mana ternyata banyak priviledge nya... hahahaha.

Kara Gunawan said...

speaking of Disney birthday buttons, kebeneran banget gw berangkut ke CA right after baby A's 1st birthday, jadilahhhh di Disney pun aku *maksa* minta Disney birthday buttons.. tapi akhirnya jadi gw yg make buttons segambreng on behalf of baby A (karena ngeri kalo dia ngoprek2 pin nya yg tajem ituh) *ampe lupa gw dikasih buttons apa aja sm resepsionis hotel* selama jalan2 disana bener2 disambut "Happy Birthday" sama semua karyawan disney! :) makan di resto manapun dalem disney mesti langsung dikasih cake :P aaaand I get to join the secret Mad Hatter's tea party khusus utk yg birthday hihi *tapi yg ikut anak kicik semua sih --" ohvellz*

BabyBeluga said...

Disini sama juga tuh kalau ke DisneyLand atau DisneyWorld pas Summer time, siap2 aja antri keliling2. Nyebelin kan liat alur antrian yg dibuat kayak labyrinth. FastPass disana gga ada tambahan biaya? Disini sih ada tambahan biaya kalu gga salah.

prin_theth said...

Arman: Oooh, kalo hamil muda sih wajib pake deh *sekarang mengalami, sebagai yang juga hamil muda* Good for you :)

Kara: I wonder.... minta birthday button tuh nggak perlu tunjukkin ID kan? Hahahaha. Seinget gue sih enggak ya. Cuma taun lalu, WDW kan bikin promo tiket gratis (atau tiket diskon?) kalo kita dateng pas exactly on our birthday. Nah itu pake ID dong yaaa... The Tea Party sounds fun! Envyyyyyy....

BabyBeluga: THE HORROR! I think I'll never go to any theme parks when school's out! Hahaha...

Oh trus, Fastpass tuh nggak ada yg dipungut biaya kok, worldwide. I think you're thinking of Universal Studio's Express Pass. Nah, kalo itu unlimited, tapi harus bayar...

astrid said...

Lei, ngiler-ngiler deh baca postingnya =D tips2nya berguna sekaliii...so far belum pernah ke disneyland HK, bakal diprint nih posting kalo sampe ke sana someday =D eh sekalian minta contekan excel nya duonkkk huahahahaha....

prin_theth said...

Astrid: Thank you Astrid :D Eh contekan excelnya udah isgon lho! Tapi kalo beneran pas mau ke sana, nanti email aku aja, aku buatin :D Meski kayaknya pake raba-raba dikit ya, soalnya mulai taun ini, ada banyak wahana baru.

Tahun 2013 nanti, bakal ada belasan wahana baru di HKDL!

Anonymous said...

halo mbak Lei, salam kenal.. Nyasar ke blog ini karena lagi cari-cari ilmu pengetahuan untuk persiapan liburan ke HK tanpa ikut tur. Kalo misalnya sharing donk list untuk wahananya donk sebagai bahan sontekan untuk disana. Pengalaman perdana jj keluar indonesah jadi masih bingung.. trimsss

prin_theth said...

Pipijojo: Sejujurnya list wahana-nya udah ilang huhuhu. Kebiasaan jelek, kalo udah kelar satu trip, itinerary-nya nggak aku simpen! Kalo mau japri aja, palingan ntar aku kasih tau tips-tips yaaa. List-nya bisa disusun sendiri kok :)

Emailku ada di profile aku di blog ini yah... :D

Anonymous said...

Aacckk.. Ini artikel koq menyindir gue banget ya sebagai orang yang gak pernah punya plan dan tipe yang "naik wahana sambil liwat aja"? *over sensitip*

Hehehe.. Thanks for the great tips ya Lei. Kalo someday jadi ke HKDL, I absolutely will save and print your tips to be my guide. Makasih juga Mbak Lady in Red yang kasih tip ke Disnilen pas ultah. Seru banget ya dapet privilege pas ultah. Maklum seumur-umur jarang dapet kado :P

Tapi masalahnya, ultah gue dan Nadira, sesama penggemar tokoh Disney, jatuh di bulan Januari. Lah pan itu masih winter ya. Meski di HK gak salju2 amat, tapi males banget ke Disnilen dingin-dingin gitu. Eh bener gak sih Lei?

Trus nanti kalo eikeh jadi ke sono, mohon izin meneror ente ya Lei (smile)

*duileh duitnya aja belum kekumpul udah banci planning gini :P*

Kay's mom said...

Mba bisa minta the best route nya ga? Aku bawa krucil2.. Maunya nyaman tp bisa naik semua wahana hehehe

grika said...

Mba, boleh ga minta schedule nya? lumayan kan bisa nolongin utk hemat waktu dan spy bisa liat semuanya. Maklum aq juga bawa anak umur 3 tahun. Trus klo sewa strollernya, dikembalikan lagi ke tempat semula-pertama pinjam ato gimana?(pintu entry dan exit nya jauh ga ya?)
Dan pertanyaan lain, klo kita pake stroller trus mo liat atraksi yang harus ke masuk ke dalam ruangan, trus strollernya diparkir dimana dan gimana? tidak akan hilang kan?

Trima kasih

Unknown said...

Waaa...keren bgt!!! Tengkyu buat tips2nya, ada rencana bawa anak sama istri ke HKDL (insyaallah) taun depan nih.
Soalnya istri ngambek kl gw lg cerita my Disneyjourney di Florida sama Paris...(hey, I got my 1st visit badge too loh).
Yg di Paris pas lagi winter, dingin gila tp teteup rame ajah, jd nggak bisa banyak wahana. Baru tau jg yg soal fast pass tinggal scan ticket aja, soalnya waktu di Florida gw selalu pake itu krn sepupu lagi training disana. Dan kl gw pikir, yg heboh ke Disney kayaknya ortunya lebih heboh drpd si anak deh kl soal disney! Huehehehehe...
Gw berharap bisa "Grand Slam", HK-JPN-Cali...doain yak!!!

Anonymous said...

Mbaa... Luar biasa bgt ilmunya, tapi btw mba, wahana yg kmrn aku liet d tivi ada yg kayak menyusuri sungai amazon gitu di HKWD, itu namanya apa ya? Trus trus..kalo disabled bs ngga sih ikutan main d sana, rencananya sih akhir bulan ini mau ke sana, nah aku bertugas bikin "strategi" slm liburan, secara ga pake travel agent, dan kebetulan salah satu keluargaku ada yg pake wheelchair.. Makasi infonya ya mbaa..


Aliyaa

prin_theth said...

Hai Aliya!

Wahana yg menyusuri sungai itu namanya Jungle Cruise :) Btw, aku kesini kan taun 2011 ya, blm ada wahana-wahana baru. Kalo skrg udah ada kawasan Toy Story Land, Grizzly Gulch, dan Mystic Manor. Krn ada wahana-wahana baru ini, strategi aku udah beda lagi skrg hehe...

Utk disabled visitors, wahana di Disneyland terbagi menjadi 3 tipe:

1. Wahana dimana disabled people bisa duduk di wheelchair sejak antri sampe kelar naik wahana.

2. Wahana dimana disabled people bisa duduk di wheelchair pas ANTRI, tapi pas naik wahana, dia harus keluar wheelchair, dan pindah ke kursi wahana.

3. Wahana dimana disabled people harus keluar dr wheelchair sejak antri sampe selesai. Wheelchair dititip di depan wahana, spt strollers.

Info wahana apa aja, kamu bisa liat di website atau tanya staff sana ya. Ada keterangannya kok di tiap wahana :)

Anonymous said...

Oke mbaa.. Makasih bgt infonya, iya deh coba aku liet website'nya.. Oiya mbak, ada saran nggak, kalau mau beli oleh2 yg relatif murah sebaiknya beli dimana? Satu lagi, ada ngga ya, hostel yang bisa akses buat kursi roda,, (kayaknya ga ada deh ya?!) Soalnya kan lumayan tu kalo bisa ngirit uang hotel sehari aja dg tinggal d hostel, terutama yg deket tmp belanja atau MTR, kalo ada rekomendasi ya mba,,, akan membantu sekali.. Terima kasiiih



Aliyaa

Candela said...

Leii... gw telat banget deh yah baru baca ini sekarang. Gw hepiiii bgt bisa ketemu blog lo, yg sama-sama disney-freak *toss dulu ayo kakakkkk*.

Lucky you, sempet kerja di industry kaya ginian. Gw pengen banget. Kayanya ini cita-cita gw dari kecil yang terpendam & tak kesampean...

FYI, Pas paragraf pertama, yang lo bilang nama kucing & ikannya Gepetto dll itu, gw bisa dengan lancer nyebut dalem hati looooo!!!

rouliesther said...

Hallo Leila...salam kenal, aku Rouli. Sering baca blog Leila tapi belum pernah ninggalin komen.

Makasih banget untuk tips menaklukkan disneyland. Tahun lalu aku pergi ke Tokyo Disneyland dengan anak dan suami, dan hampir semua tips di sini aku praktekkan. Aku juga bikin jadwal naik wahana, pelajari peta Disney, ambil fastpass dan foto-foto cukup minimalis aja, ga usah yang tiap ketemu karakter terus foto.

Hasilnya, 80 persen wahana Disney sukses kita jalanin, dan kita juga di Disneyland dari jam 9 pagi (bukanya jam segitu) sampai jam 10 malam, dan sampai detik-detik terakhir tetap semangat naik wahana. Sayangnya, fireworks ga diadain hari itu karena mendung, ya kalo Tokyo mah hujan dikit juga batal langsung tuh fireworks. Suami ngajak pulang (itu jam delapanan lewat) tapi aku dan anakku ngotot tetap mau explore wahana lagi, dan hasilnya, kita sukses naikin beberapa wahana yang pagi-pagi lumayan penuh.

Rasanya puas banget ya Lei, bisa naklukin Disneyland. Langsung aku kasih tips yang sama untuk teman dan keluarganya yang ngga berapa lama ke Disney juga, trus ke adikku (dia ke Hongkong Disneyland), dan aku bilang, awas ya kalau foto-foto melulu, itu ga penting, mending antri fastpass, gerak cepat, jangan males datang pagi. Trus dia lakuin tuh tips tersebut, dan at the end of the day, dia ngaku, puas banget katanya sukses menaklukkan disneyland!

Terima kasih Lei, untuk tips-tips yang berguna banget, keep writing ya!

prin_theth said...

Rouli: Halo Rouli, so nice to hear that :) Puas banget yaaa kalo bisa naklukkin Disneyland... Apalagi Tokyo Disneyland, medan paling sulit karena pengunjungnya membludak dan fanatik banget!

Post a Comment